Lahir Normal atau Caesar? ASI atau Sufor?

Lahir Normal atau Caesar? ASI atau Sufor? - Sering mengalami kegalauan semacam ini? Rasanya, sampai kapan pun, calon ibu akan selalu dihadapkan pada dua pilihan sulit ini ketika sedang dalam masa kehamilan. Saya mau melahirkan secara normal (per vaginam) atau caesar ya? Saya bisa kasih ASI atau kudu stok sufor?

Gejolak-gejolak semacam ini akan selalu muncul dan menghantui para bumil sepanjang kehamilan sampai melahirkan. Dan itu saya alami dari mulai kehamilan anak pertama (hamil kedua sebenarnya), sampai anak ketiga.

Temukan dan Dukung Potensi Anak

Temukan dan Dukung Potensi Anak - Semua anak cerdas. Percaya? Yap, pada dasarnya tiap anak itu cerdas lho. Tak ada anak yang tak cerdas. Yang ada hanya orang tua yang kurang mengenali potensinya *eiittss jangan dikeroyok yaa. Kalau ada orang tua yang merasa anaknya kog ga pinter-pinter di suatu bidang. Percayalah, anak cerdas dengan caranya sendiri.

So, tugas besar orang tua nih, mengenali potensi anak. Tapi, bagaimana caranya?

Mengembangkan Kemampuan Adaptasi pada Anak

Mengembangkan Kemampuan Adaptasi pada Anak - Mengembangkan kemampuan adaptasi? Maksudnya gimana?

Hm, gini. Ada kan ya orang yang mudah banget beradaptasi terhadap sesuatu, keadaan, perubahan dsb. Tapi ada juga yang mengalami kesulitan sehingga sulit berkompromi ketika keadaan berubah, tak sesuai skenario atau perkiraan.

Tak jarang, karena ketidakmampuan beradaptasi, bisa menimbulkan stress atau masalah-masalah Psikologis. Ada masalah sedikit, stress, ada perubahan lingkungan, stress. Pindah divisi, pindah rumah, pindah kantor, pindah sekolah, dsb, bisa berujung stress. Kalau cuma sampai stress dan masih mampu mengelolanya, ya ga masalah. Nah, bagaimana kalau stressnya berlanjut dan jadi depresi?

Peluncuran Buku Strategi B25 dan Kata-Kata Lecutan Harian


Peluncuran Buku Strategi B25 dan Kata-Kata Lecutan Harian – Bagaimana agar mesin uang property anda tidak mangkrak dan dianggap jadul? Nah ini. Sering kan ya, beli ruko, beli apartemen, atau investasi property berakhir dengan mangkrak. Alih-alih menghasilkan uang, yang ada malah mangkrak dan lantas jadi ketinggalan jaman dan susah bersaing dengan property-property baru.

Lalu gimana donk?

Jadi Bintang Cilik di TV, Mungkin Kah?

Jadi Bintang Cilik di TV, Mungkin Kah? - Hayooo, anak mana yang ga suka jadi bintang? Dan orang tua mana yang ga suka kalau anaknya jadi bintang?

Rasanya, hampir semua anak pengen jadi bintang, entah jadi bintang di TV, di sekolah, atau jadi bintang di kegiatan-kegiatan ekskul. Hampir semua orang tua pun pasti bangga dan senang kalau anaknya bisa jadi bintang. Jika tak bisa jadi bintang di mana-mana, minimal jadi bintang bagi orang tuanya. Ya ga sih?

Media Sosial dan Kesadaran ASI

Media Sosial dan Kesadaran ASI - Jaman dulu, saat belum banyak akses informasi seperti sekarang, pembicaraan masalah ASI tidak terlalu luar biasa. Orang memandang ASI ya biasa aja. Malah ada kesan kuno dan kampungan. Eitss. jangan marah. Itu mind set jadul yang berkembang lebih dari 20 tahun lalu.

Pada era di mana kampanye ASI tidak segencar kini. Orang masih memandang ibu-ibu yang memberi ASI dengan sebelah mata. Kesannya kalah gengsi sama ibu-ibu yang mampu ngasih sufor. Kesannya, ibu-ibu yang ngasih ASI itu norak, kampungan, ga sanggup ngasih nutrisi terbaik pada bayinya. Hiks..hiks.

Kalau ada ibu-ibu yang cuma ngasih ASI aja, akan dipandang sebelah mata

"ih, kog anaknya cuma dikasih ASI aja? Emangnya cukup?"
"kog anaknya cuma ASI aja? Ga kurang gizinya?"
"pelit amat sih, anak cuma dikasih ASI"